Indikasi, Mekanisme kerja, Dosis

PIL PERINTANG OVULASI

Pil anti hamil, umumnya mengandung kombinasi dua hormon yaitu estrogen ( umumnya etinilestradiol, adakalanya mestranol) dan progestagen ( umumnya derivat nortestosteron, antara lain noretisteron, l-norgestrel, linestrenol, desogestrel dan gestoden). Pil ini diminum secara siklus, sehingga terjadi siklus haid tanpa ovulasi, yang menyerupai keadaan alamiah.

Mekanisme kerja

  • Perintangan ovulasi

Estrogen maupun progestagen tersendiri memiliki daya menghambat pemasakan dan pelepasan ovum. Estrogen berkhasiat menekan sekresi FSH, progestagen menghambat sekresi LH sehingga di pertengahan siklus tidak terjadi puncak, yang mutlak bagi ovulasi.

  • Pengentalan lendir cervix

Pengaruh estrogen membuat lendir menjadi lebih cair dan bening guna memudahkan masuknya spermatozoa ke dalam rahim. Akibat progestagen di dalam pil, lendir menjadi lebih kental dan liat, hingga sel-sel mani tidak dapat menembusnya lagi. Menurut mekanisme ini maka digunakan pil mini berisi progestagen tanpa estrogen.

  • Perintangan pertumbuhan endometrium

Pengaruh estrogen dan progestagen dalam pil, perkembangan dan proliferasi endometrium dihambat, tidak mengalami fase sekresi dan setelah penggunaan lama justru menjadi lisut (atrofia ) sehingga implementasi telur tidak bisa berlangsung.

Jenis pil

  • Pil kombinasi (  terdiri dari estrogen dan progestagen )

Pil mulai ditelan pada hari haid pertama (atau hari kelima) selama 21 hari dan disusul dengan istirahat selama 7 hari atau 7 pil kosong tanpa hormon.  akibat turunya kadar progestagen dalam darah maka pada hari istirahat ke 2 sampai ke 5 umumnya terjadi pendarahan yang mirip haid biasa. Setelah istirahat dilanjutkan dengan kur kedua dari 21 tablet, dan seterusnya.

  • Pil mini (excluton)

Pil ini hanya berisi progestagen, yang mulai diminum pada hari pertama haid secara kontinue tanpa istirahat. Efeknya khusus berdasarkan pembentukan sumbat lendir kental di cervix. Lama kerjanya hanya 24 jam, sehingga harus ditelan setiap hari pada waktu yang sama dengan kelonggaran 1-2 jam. Keamanan pil mini lebih rendah dari pada pil kombinasi, sekitar 98 % .

  • Pil suntik (Depo provera)

Sebetulnya bukan pil, melainkan injeksi yang juga hanya berisi progestagen (medroxyprogesteronasetat 150 mcg). Masa kerjanya panjang, cukup penyuntikan 3 bulan sekali ( i.m). Cara kerjanya berdasarkan penghambatan pelepasan LH dan perintangan ovulasi serta pengentalan lendir cervix. Efek samping utamanya adalah kacaunya pola pendarahan, terutama pada bulan-bulan pertama dan sesudah 3-12 umumnya berhenti dengan tuntas. Seringkali berat badan bertambah 2-4 kg dalam waktu 2 bulan.

  • Pil implantasi (susuk KB)

Pil ini terdiri dari batang-batang kecil dengan kandungan hanya progestagen, yang dimasukkan kebawah kulit lengan atas dengan suatu alat suntik (trocar).  Melalui suatu membran semipermeabel, hormon dilepaskan secara berangsur-angsur dalam jumlah konstan selama 3-5 tahun. Cara kerja dan efek sampingnya sama dengan pil suntik.

  • Pil acne (Diane)

Pil kombinasi yang mengandung progestagen siproteron dengan efek antiandrogen. Efek ini diperkuat oleh estrogen maka efektif bagi wanita dengan acne hebat.

  • Pil melatonin

Mengandung hormon alamiah dari epifisis, yang berdaya antigonadotrop dan merintangi ovulasi. Pil antihamil ini dibuat kombinasi dari melatonin 75 mcg + noretisteron 0,5 mg. Penggunaan pil bifasis ini adalah sebagai kombinasi untuk 23 hari pertama dan hanya melatonin untuk lima hari selanjutnya.

  • Pil progestagen( postinor)

Pil ini digunakan sebagai cara antikonsepsi postcoital, yaitu guna menghindarkan kehamilan sesudah senggama tanpa perlindungan, seperti pada perkosaan atau bila kondom pecah. Pil ini menggunakan 2 tablet levonorgestrel 750 mcg dengan selang waktu 12 jam. Diminum 1 tablet dalam waktu 72 jam setelah koitus, dan selanjutnya 1 tablet 12 jam kemudian. Untuk meningkatkan efektifitas, 1 tablet dalam waktu 48 jam setelah koitus.

Fak tor yang mengurangi keamanan pil

  •  Terlupa menelannya
    • Bila lupa meminum pil satu kali, maka dalam waktu 12 jam pil itu masih dapat diminum
    • Bila lupa meminum pil lebih dari 12 jam atau lebih dari 2-3 pil, keamanannya tidak dapat dipercaya lagi. Pil pil yang terlupa dibuang dan kur diteruskan sampai habis dengan menggunakan cara antikonsepsi lain.
    • Bila pil terlupa 3 kali atau lebih, kur harus dihentikan, karena pendarahan penarikan tidak dapat dihindarkan lagi. Terlepas ada pendarahan atau tidak, lalu tanpa istirahat segera dimulai lagi dengan kur baru.
  •  Gangguan lambung-usus

Mengurangi keamanan pil antihamil karena karena berkurangnya resospsi               dari usus, misalnya diare atau muntah dalam waktu 3 jam sesudah                               menelannya.

  •  Interaksi dengan obat-obat lain
    • Adanya induksi enzim : hormon-hormaon dalam pil dipercepat penguraiannya sehingga beresiko pendarahan dan juga spotting. Obat obat induktor enzim antara lain rifampisin, fenilbutazon, griseofulvin, terbinafin dan antiepileptika fenobarbital, karbamazepin, primidon dan fenitoin.
    • Antibiotika seperti ampisilin, amoksisilin dan tetrasiklin dapat mengurangi siklus enterohepatis dari hormon-hormon dan  turunnya kadar darah.

Efek samping pil :

  • Efek kombinasi, pendarahan antara bila pil pertama diminum pada hari ke 5 dari siklus haid. Dapat pula terjadi anovulasi dan amenorroea setelah penggunaannya dihentikan, biasanya selama 3-6 bulan.
  • Efek estrogen, berupa mual, muntah, mudah tersinggung,retensi air dan udema, nyeri buah dada dan kepala, peningkatan tekanan darah serta melasma
  • Efek progestagen, berupa obstipasi,rasa letih, nyeri kepala, reaksi kulit alergi dan melasma, varices dan kejang tungkai, juga depresi.
  • Efek androgen, berupa agne, kulit dan rambut berlemak, bertambahnya nafsu makan dan berat badan, penurunan HDl dan naiknya LDL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: